Grafik 3D merupakan sebuah pemodelan visual yang menggambarkan sebuah objek pada sistem koordinat berdimensi 3. Sistem koordinat 3D merupakan perluasan dari sistem koordinat 2D (yang terdiri dari sumbu x dan y), yaitu dengan menambahkan sumbu z yang menyatakan kedalaman objek terhadap pengamat. Terdapat dua macam sistem koordinat tiga dimensi, yaitu aturan tangan kiri dan aturan tangan kanan.
Sistem koordinat tangan kanan dapat diilustrasikan dengan tiga buah jari tangan kanan yaitu ibu jari, jari telunjuk dan jari tengah dengan telapak tangan kanan menghadap ke pengamat. Ibu jari dianggap sebagai sumbu x, jari telunjuk sebagai sumbu y, dan jari tengah (yang mengarah ke pengamat) sebagai sumbu z. Sistem koordinat tangan kiri dapat diilustrasikan dengan tiga buah jari tangan kiri, dengan punggung telapak tangan kiri menghadap pengamat. DalIbu jari sebagai sumbu x, jari telunjuk sebagai sumbu y, dan jari tengah (yang menjauhi pengamat) sebagai sumbu z.
Koordinat Aturan Tangan Kanan |
Koordinat Aturan Tangan Kiri |
Perbedaan keduanya berada pada pemberian nilai untuk sumbu z. Pada sistem koordinat aturan tangan kanan nilai z positif mengarah ke pengamat (mendekati). Sedangkan pada sistem koordinat aturan tangan kiri nilai z positif menjauhi pengamat. Dan sistem koordinat yang digunakan pada OpenGL adalah sistem koordinat aturan tangan kanan, yaitu nilai sumbu z positif arahnya mendekati pengamat. Perhatikan contoh berikut :
Posisi Awal |
Posisi terhadap sumbu z dikurangi (objek menjauh) |
Posisi terhadap sumbu z ditambah (objek mendekat) |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar