Primitive Objek |
Obyek primitive, adalah sebuah obyek yang merupakan dasar dari prmbentukan obyek lain yang lebih kompleks dari obyek primitive. Dikatakan sebagai obyek primitif karea merupakan bentuk yang sangat mendasar sebagai objek dalam pendeklarasian. Beberapa obyek grafika komputer yang termasuk dalam kategori obyek primitive adalah sebagai berikut :
Point
Merupakan sebuah fungsi pada grafika komputer yang menghasilkan output obyek sebuah titik. Pendeklarasian obyek point adalah dengan fungsi GL_POINTS. Titik tersebut dapat disesuaikan ukurannya dengan mendeklarasikan fungsi glPointSize(int size);.
POINT (TITIK) |
Line
Merupakan sebuah fungsi pada grafika komputer yang menghasilkan output berupa sebuah garis. Ada beberapa jenis garis yang bisa dibuat, yaitu garis tunggal yang dideklarasikan dengan GL_LINES, kemudian garis terhubung (terbuka) yaitu dengan GL_LINE_STRIP, dan garis terhubung penuh (tertutup) menggunakan GL_LINE_LOOP. Ketiga jenis garis tersebut bisa ditentukan ukurannya dengan mendeklarasikan sebuah fungsi, yaitu glLineWidth(int value);.
LINE (GARIS TUNGGAL) |
Triangle
Merupakan sebuah fungsi pada grafika komputer yang menghasilkan output berupa sebuah segitiga. Dideklarasikan dengan fungsi GL_TRIANGLES. Untuk membuat sebuah segitiga membutuhkan 3 buah vertex untuk setiap obyeknya. Dan jika ada sisa dari penghitungan 3, maka vertex tersebut akan diabaikan. Obyek yang dihasilkan adalah sebuah segitiga dengan blok pada bagian dalanya.
SEGITIGA |
Quads
Merupakan sebuah fungsi pada grafika komputer yang menghasilkan output berupa segiempat. Obyek segiempat dideklarasikan dengan fungsi GL_QUADS. Untuk menjadikan sebuah obyek primitive berupa segiempat, maka dibutuhkan adanya 4 buah vertex untuk masing-masing obyek. Jika ada sisa dari penghitungan 4, maka vertex tersebut akan diabaikan. Obyek segiempat yang terbentuk adalah sebuah obyek segiempat dengan blok warna di bagian dalamnya.
KOTAK |
Merupakan sebuah fungsi pada grafika komputer yang menghasilkan output berupa obyek dengan sisi sembarang. Pada dasarnya sebuah polygon dapat dibuat dengan syarat ada lebih dari 2 vertex, karena jika hanya ada 2 vertex, maka obyek yang terbentuk tidak terlihat. Polygon pada OpenGL dideklarasikan dengan fungsi GL_POLYGON, yang akan menghasilkan sebuah obyek dengan sisi sembarang dan dengan blok warna di bagian dalamnya.
POLYGON |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar