Kamis, 02 Mei 2013

Transformasi Objek pada OpenGL



Menurut Suyoto (2003), transformasi adalah memindahkan objek tanpa merusak bentuk. Contoh transformasi adalah transisi, penskalaan, putaran/ rotasi, balikan, shearing dan gabungan. (Janoe, 2006).

Tujuan transformasi adalah :
  • Merubah atau menyesuaikan komposisi tampilan objek.
  • Memudahkan pembuatan objek simetris.
  • Melihat objek dari sudut pandang yang berbeda.
  • Memindahkan posisi objek dari satu titik ke titik lain.

Transformasi pada OpenGL bisa dilakukan pada objek 2D maupun 3D. Fungsi translasi pada OpenGL adalah sebagai berikut :

Translasi Objek
Translasi adalah pemindahan suatu titik (obyek) dari titik awal V = (x, y, z) ke posisi V = (x’, y’, z’). Translasi digunakan untuk memindahkan pusat koordinat ke posisi baru pada sebuah kanvas. Berikut adalah sintaks untuk mentranslasi obyek pada OpenGL :

Parameter pertama menunjukkan translasi berdasarkan sumbu x. Parameter ke dua menunjukkan translasi terhadap sumbu y. Dan parameter ke tiga menunjukkan parameter terhadap sumbu z pada kanvas.

Rotasi Objek
Rotasi adalah perubahan atau perputaran posisi suatu titik (obyek) yang berputar terhadap sebuah sumbu rotasi (poros untuk merotasikan obyek). Sintaks untuk merotasikan sebuah obyek pada OpenGL adalah sebagai berikut :

Parameter pertama merupakan nilai perputaran sudut yang diinginkan. Parameter ke dua adalah perputaran terhadap sumbu x, parameter ke dua merupakan perputaran terhadap sumbu y, dan parameter ke tiga adalah perputaran terhadap sumbu z. Dan parameter ke dua, ke tiga, dan ke empat harus bernilai 1 untuk menjadi sumbu putar sempurna. Dan untuk pemberian nilainya akan menyebabkan perputaran searah dengan jarum jam ketika diberi nilai negatif, dan sebaliknya.

Skala Objek
Skala adalah perubahan  ukuran obyek berdasarkan besaran nilai tertentu. Maka dengan adanya fungsi skala tersebut bisa dihasilkan beberapa ukuran obyek yang berbeda walau pun sintaksnya sama. Berikut adalah sintaks untuk melakukan transformasi skala :

Parameter pertama, kedua, dan ke tiga masing-masing menunjukkan nilai skala untuk obyek berdasarkan sumbu x, y, dan z. Jika nilai skala adalah 1, maka ukuran obyek tersebut adalah tetap.

1 komentar:

  1. ijin sharing blog Opengl, moga2 blog ini bisa bermanfaat, ada 100 artikel lebih tentang pemrograman grafik dan game, juga dilengkapi dengan source code yang bisa di download

    www.heriadyblog.blogspot.co.id

    Trims

    BalasHapus